Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Lee Zii Jia : Sang Penakluk Kento Momota Dan Anthony Ginting Di Sudirman Cup 2021

 

Lee Zii Jia (Instagram:leeziijia)

■■■Penulis//editor: Muh. Astar
Sport.Peluang Terkini. Com- Squad Sudirman Cup Malaysia memang telah terhenti langkahnya di fase semifinal setelah digulung oleh squad Jepang 1-3 di Energia, Areena, Vanta, Finlandia, Sabtu (2/10/2021).

Sehari sebelumnya, squad Malaysia juga secara mengejutkan mengalahkan negara kuat bulutangkis  Indonesia di perempat final dengan hasil akhir 3-2.  

Kemenangan Negeri Jiran melenggang ke semifinal tidak lepas dari peran para pemain yang diturunkan. Salah satu pemain yang menjadi sorotan selama pegelaran Piala Sudirman adalah tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia. 

Pemain kelahiran Kedah ini memang menjadi tumpuan utama bagi negaranya dalam mendulang poin di setiap pertandingan yang dilakoni mulai dari penyisihan group, perempat final, dan semifinal. 

Lee Zii Jia, pemain yang kini menduduki rangking 8 BWF tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan tugasnya di Piala Sudirman 2021 ini.

Dua tunggal putra terbaik dunia saat ini  berhasil dia hempaskan sekaligus yakni  rangking 1 dunia asal Jepang, Kento Momota dan rangking 5 dunia asal Indonesia, Anthony Sisuka Ginting. 

Pada babak perempat final saat Malaysia menghadapi Indonesia, juara All England 2021 ini mampu menggagalkan ambisi tunggal terbaik Indonesia dan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo, 2020, Anthony Sinisuka Ginting untuk menyumbang poin bagi tim merah putih setelah dia mengemas kemenangan dengan mudah 21-11, 21-16. Ini sekaligus menjadi kemenangan perdana bagi Zii Jia atas Ginting setelah tiga pertemuan sebelumnya selalu menelan kekalahan. 


Sedangkan di babak semifinal giliran tunggal terbaik Jepang, Kento Momota yang berhasil dia taklukkan. Meskipun di penyisihan Group D, Zii Jia gagal membendung kehebatan Kento dan kalah dalam straight game 18-21, 10-21 namun di semifinal saat Jepang kembali bertemu Malaysia, pemain berusia 23 tahun tersebut mampu revans atas Kenta dengan skor 22-20, 21-19.

Performance Lee Zii Jia di tahun ini memang cukup menanjak. Apalagi setelah pria bertinggi 186 m sukses menjuarai turnamen bergengsi All England 2021 setelah di final mengalahkan tunggal putra terbaik dunia lainnya asal Denmark, Viktor Axelsen, 30-29, 20-22, 21-9.  

Keberhasilan Lee Zii Jia menjuarai turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut sekaligus mengulangi pencapaian terbaik legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei di tahun 2017. 

Usai menjuarai All England di tahun 2021,  tentunya publik Malaysia berharap pada sosok Zii Jia untuk meneruskan tongkat estafet sang legenda bulutangkis Malaysia yang telah banyak menorehkan banyak prestasi dalam karirnya termasuk empat kali menjuarai All England serta tiga kali meraih medali perak Olimpiade. 

Tentunya di usia yang  masih 23 tahun, Zii Jia yang pertama kali diperkenalkan olahraga bulutangkis oleh orang tuanya  yang bekerja sebagai guru dan mantan pemain basket saat usianya masih 6 tahun.  Bukan tidak mungkin prestasinya semakin  bersinar di banyak turnamen yang diikutinya dan bukan tidak mungkin juga dia akan menjadi pemain hebat seperti pendahulunya, Lee Chong Wei.

Profil  Lee Zii Jia:

● Nama                     : Lee Zii Jia
●TTL                    : Alor Setar, Kedah, 28 Maret 1998
●Negara               : Malaysia
●Tempat tinggal:Bukit Kiara, Kuala Lumpur, Malaysia
●Tinggi/berat      : 186 m/78 kg
●Ayah                   : Lee Chee Hin
●Ibu                      : Leow Set Peng
●Terjun ke pro    : 2016
●Rangking           : 8 BWF

Source:Wikipedia



Posting Komentar untuk "Profil Lee Zii Jia : Sang Penakluk Kento Momota Dan Anthony Ginting Di Sudirman Cup 2021 "